-->

ادخلوا معنا في ميدان الدعوة إلى الله. ساعدونا على نشر الخير أخلصوا النية لله وأرسلوا لمن تريدون له الخير هذا الخير. نصر الله بنا هذا الدِّين العظيم وجعلنا مفاتيح خير حيثما كنا. الله يحفظنا و يبعد عنا من لا يخافه ويرزقنا الفردوس الأعلى. آمين

Term Hadis Munkar

بسم الله الرحمن الرحيم

Sedikit bahasan mengenai Hadis Munkar

Hadis Munkar secara etimologi merupakan isim maf’ul dari kata al-inkar yang berarti lawan (الانكار ضد الاقرار ). Sedangkan menurut terminology Hadis Munkar adalah  pertama, Hadis yang dalam sanadnya terdapat rawi yang kekeliruanya parah, atau banyak lupa, atau menampakkan kefasikannya. Kedua, Hadis yang diriwayatkan oleh rawi yang daif, yang bertentangan dengan rawi tsiqah.

Perbedaan  Munkar Dengan Syadz
1. Bahwa syadz itu diriwayatkan oleh rawi yang maqbul, hanya saja bertentangan dengan rawi yang lebih maqbul lagi (lebih utama). Contoh, Hadis yang diriwayatkan oleh an-Nasa’i dan Ibnu Majah melalui riwayat Abu Zukair yahya bin Muhammad Qais dari Hisyam bin Urwah dari Urwah dari Aisyah.
كلوا البلح بالتمر فان ابن أدم اذا أكله غضب الشيطان
Makanlah kurma kering, karena jika anak adam memakannya, hal itu  membuat marah setan”. An-Nasa’i berkata “hadis ini munkar diriwayatkan secara menyendiri oleh Abu Zukair”

2. Sedangkan munkar itu diriwayatkan oleh rawi yang daif yang bertentangan dengan rawi tsiqah. Contoh, Hadis yang diriwayatakan oleh Ibnu Abi Hatim melalui jalur Hubaib bin Habib az_ziayat dari Abu Ishak dari ‘ Aizar bin Huraits dari Ibnu Abbas dari Nabi s.a.w.
من اقام الصلاة وأتى الزكاة وحج البيت وصام وقرى الضيف دخل الجنة
Siapa saja yang mengerjakan Shalat, menunaikan zakat, menjalankan ibadah haji, berpuasa di bulan Ramadhan, dan menjamu tamu, maka ia masuk surga
Abu Hatim berkata: Hadis ini munkar karena terdapat Hadis serupa yang diriwayatkan melalui rawi yang lebih tsiqah yang diriwayatkan oleh Abi Ishak secara mauquf sedangkan dia orangnya terkenal.

LihatTutupKomentar

murajaah

Dendam

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
I enjoy engaging in physical activities both indoors and outdoors, volunteering for humanitarian aid, providing religious counseling, traveling, as well as conducting research and reading about current issues and Islam. I am interested in developments in creative learning, especially in Arabic language acquisition, and I am passionate about technology, and media.

Tayangan