-->

Term Hadis Syâdz dan Hadis Mahfudh

بسم الله الرحمن الرحيم


As-Syâdz
Syâdz adalah isim fa’il dari kata Syâdz, yang berarti menyendiri, jadi syâdz itu berarti terasing dari kebanyakan orang.
Sedangkan menurut istilah, Hadis yang diriwayatkan oleh rawi maqbul (dapat diterima) yakni adil dan sempurna kedhabitannya namun lebih ringan, yang menyelisihi orang yang lebih tinggi tingkat kedhabitannya (lebih rajih) tau lebih banyak jumlahnya dll.
Syadz bisa terjadi pada sanad maupun matan, contoh:
a. Syadz pada sanad: Hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, Nasai', Ibnu Majah melalui jalur Ibnu Uyainah dari amru bin dinad dari Ausajah dari Ibnu Abbas, bahwa seseorang lelaki telah meninggal pada masa Rosulullah saw, sementara dia tidak meninggalkan waris kecuali hamba sahaya yang telah dimerdekakannya. Yang menghubungkan Ibnu Uyainah hingga sampai kepadanya adalah Ibnu Juraij dan yang lainnya. Hammad bin zaid menyelisihi mereka; riwayatnya dari Amru bin Dinar dari Ausajah dan tidak menyebut Ibnu Abbas.
Karena itu Abu Hatim berkata: Yang mahfudz adalah Hadisnya Ibnu Uyainah. Hammad bin zaid termasuk golongan yang adil dan dhabith, tetapi Abu Hatim telah menguatkan riwayat dari orang yang jumlahnya banyak.
b. Syadz pada matan.: Hadis yang diriwayatkan Abu Daud da Tirmizi dari Hadisnya Abdul Wahid bin ziyad dari Al-A'masy dari abu Shaleh dari Abu Hurairah, secara marfu'':
اذا صلى أحدكم الفجر فليضطجع عن يمينه
Apabila salah seorang dari kalian shalat fajar, hendaknya berbaring ke sebelah kanan.
Al-Baihaqi berkata, dalam hal ini Abdul Wahid menyalahi banyak rawi. Shahabat itu meriwayatkan tentang perbuatan Nabi saw, bukan perkataanya. Dalam lafadz ini Abdul wahid menyendiri dari rawi-rawi tsiqah yang menjadi sahabat al-A'masy.


al-Mahfudz

Al-mahfudz merupakan lawan dari syâdz, yaitu Hadis yang diriwayatkan oleh rawi yang lebih tsiqah yang menyelisihi riwayat hadis yang tingkat ketsiqahannya lebih rendah darinya. Sedangkan contohnya dapat dilihat di contoh Hadis syadz.
Adapun Hukum keduanya adalah, Hadis syadz mardud (ditolak) sedangkan Hadis mahfudz maqbul (diterima).
LihatTutupKomentar

القرأن حجة لنا


Membaca Al-Quran secara rutin tiap hari dengan metode: ”فَمِي بِشَوْقٍ“ Setiap huruf yang tersebut menjadi simbol dari awal surat yang dibaca. Maka: - Huruf “fa`” adalah simbol dari surat “al-fatihah”. - Huruf “mim” maksudnya dimulai dari surah al-maidah. - Huruf “ya`” maksudnya dimulai dari surah Yunus. - Huruf ”ba`” maksudnya dimulai dari surah Bani Israil yang juga dinamakan surah al-isra`. - Huruf “syin” maksudnya dimulai dari surah asy-syu’ara`. - Huruf “waw” maksudnya dimulai dari surah wash shaffat. - Huruf “qaaf” maksudnya dimulai dari surah qaf hingga akhir mushaf yaitu surah an-nas. Channel

murajaah

Literature Review

fikih (184) Tasawwuf (122) Local Wisdom (59) hadis (51) Tauhid (45) Ilmu Hadis (28) Bahasa Arab (25) Kebangsaan (23) Moderasi Beragama (22) Biografi (20) Al Quran (19) Tafsir (19) ilmu tafsir (2)

Dendam

Total Tayangan Halaman

HEAD

kongko bareng emte

Foto saya
belajar sepanjang hayat, santri berbahasa Arab dan Inggris dari Sukabumi Jawa Barat yang meretas dunia tanpa batas