-->

Ajaran Islam Banyak Diadopsi oleh Hukum Indonesia; NKRI dalam Timbangan Syariat


Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam Timbangan Syariat

Ajaran Islam memiliki dampak yang signifikan pada sistem hukum Indonesia. Meskipun Indonesia adalah negara dengan keragaman agama, mayoritas penduduknya adalah Muslim, dan Islam telah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perkembangan hukum di Indonesia.
Dr. Jamal Athiyyah:

وجدنا كثيرا من مواد القوانين الوضعية توافق الاحكام الشرعية وهناك قول بان القوانين الوضعية التي تتفق في الحكم مع احاد الآراء الفقهية في مذهب من المذاهب يجوز وصفها بانها من الشريعة الاسلامية
Banyak kami temukan dari subtansi undang-undang negara yang selaras dengan hukum syariat. Ditemukan sebuah pendapat bahwa peraturan perundang-undangan negara yang sesuai dengan pendapat ulama fikih dalam madzhab Islam boleh dikatakan bahwa hal tersebut bagian dari syariat Islam (Tajdid Al-Fiqh Al-Islami 40)

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam Timbangan Syariat 
(Kajian Pancasila dari Aspek Nushūsh dan Maqāshid)
AFIFUDDIN MUHAJIR
download di sini














LihatTutupKomentar

القرأن حجة لنا


Membaca Al-Quran secara rutin tiap hari dengan metode: ”فَمِي بِشَوْقٍ“ Setiap huruf yang tersebut menjadi simbol dari awal surat yang dibaca. Maka: - Huruf “fa`” adalah simbol dari surat “al-fatihah”. - Huruf “mim” maksudnya dimulai dari surah al-maidah. - Huruf “ya`” maksudnya dimulai dari surah Yunus. - Huruf ”ba`” maksudnya dimulai dari surah Bani Israil yang juga dinamakan surah al-isra`. - Huruf “syin” maksudnya dimulai dari surah asy-syu’ara`. - Huruf “waw” maksudnya dimulai dari surah wash shaffat. - Huruf “qaaf” maksudnya dimulai dari surah qaf hingga akhir mushaf yaitu surah an-nas. Channel

murajaah

Literature Review

fikih (184) Tasawwuf (122) Local Wisdom (59) hadis (51) Tauhid (45) Ilmu Hadis (28) Bahasa Arab (25) Kebangsaan (23) Moderasi Beragama (22) Biografi (20) Al Quran (19) Tafsir (19) ilmu tafsir (2)

Dendam

Total Tayangan Halaman

HEAD

kongko bareng emte

Foto saya
belajar sepanjang hayat, santri berbahasa Arab dan Inggris dari Sukabumi Jawa Barat yang meretas dunia tanpa batas